Banting Kemudi, Bus Pariwisata Terguling

oleh

Reporter : Abid Amrullah

SUARABOJONEGORO.COM – Kecelakaaan kembali terjadi di Jalan Bojonegoro – Babat, tepatnya di Desa Prayungan Kecamatan Sumberrejo, Selasa (27/02/18). Kecelakaan tersebut antara sepeda motor dengan bus pariwisata. Akibatnya, beberapa orang luka-luka.

Kecelakaan itu terjadi saat bus mencoba menghindari sepeda motor. Namun, naas sopir bus, Suparno, 55, tidak mampu mengendalikan laju busnya. Akhirnya, bus pun terguling bahu jalan.

Doni, 35, salah seorang saksi mengatakan, bahwa kecelakaan tersebut antara bus kontra dengan sepeda motor. Saat itu, bus melaju dari arah timur ke barat. Sementara, didepannya, ada kendaraan roda dua yang tiba-tiba putar balik.

“Antara bus dengan motor, sama-sama dari timur,” katanya.

Kolisoh, 40, saksi lainnya mengatakan, bahwa posisi antara bus dengan motor sama-sama dari timur, sewaktu di TKP pengendara motor tiba-tiba berbalik arah. Sehingga, bus yang berbeda dibelakangnya spontan kaget dan tak mampu mengendalikan.

“Sopir bus tak mampu mengendalikan, alhasil bus terguling disisi bahu jalan,” tuturnya.

Sementara itu, Kanit Laka Lantas Polres Bojonegoro, Ipda Mukari menjelaskan, semula kendaraan bus pariwisata nopol AA 1619 DD melaju dari arah timur ke barat dengan kecepatan tinggi. Membawa 13 penumpang.

Sesampai di TKP, searah di depan, melaju sepeda motor yang tidak diketahui identitasnya secara tiba-tiba belok kakanan (putar balik arah). Karena pengemudi kendaraan bus terkejut dan kaget. Lalu membanting kemudi ke kiri hingga kendaraan Bus ini lepas kendali dan terguling ke kiri.

“Sedangkan sepeda motor yang tidak diketahui identitasnya, tersebut melarikan diri ke arah timur,” ucap Ipda Mukari.

Akibat kecelakaan tersebut, pengemudi dan empat penumpang bus pariwisata mengalami luka-luka dan di rawat di RSU Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Kendaraan yang terlibat kecelakaan mengalami kerusakan material. (bid/yud)