Enam Desa di Sukosewu Terdampak Banjir

oleh
Reporter : Wahyudi

SuaraBojonegoro.com – Banjir bandang kembali melanda di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Kali ini, kali pacal yang melewati wilayah Kecamatan Sukosewu, meluap menggenangi sejumlah desa yang dilalui kali pacal, Rabu (21/2/2018) malam.

Meluapnya kali pacal yang melewati wilayah Kecamatan Sukosewu tersebut, disebabkan hujan deras di wilayah Sukosewu dan sejumlah kecamatan lain. Sehingga, kali pacal tidak mampu menampung seluruh air yang mengalir ke sungai tersebut.

Kspk Polsek Sukosewu, Aiptu Alim menjelaskan, kondisi saat itu dalam kondisi hujan. Meskipun tidak begitu deras, namun tiba tiba air meluber. Sehingga petugas yang melaksanakan jaga langsung melakukan evakuasi terhadap warga dan melaksanakan pengamanan rumah yang ditinggalkan penghuninya yang mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Begitu air meluap, kami langsung melaksanakan patroli dan pengamanan. Sekaligus menghimbau kepada warga yang terkena dampak banjir untuk mengungsi ke lokasi yang lebih aman,” ucap Kspk Polsek Sukosewu.

Beberapa desa yang terdampak, diantaranya, Desa Semawot, 4 RT hingga menggenangi rumah, ketinggian air di akses jalan 50 cm dan komplek persawahan. Desa Kalicilik, 4 RT di pemukiman dan persawahan, ketinggian air di jalan 40 cm hingga menutup akses jalan.

Lalu, Desa Sukosewu, 11 RT pemukiman dan persawahan ketinggian air 80 cm di jalan utama hingga akses jalan ditutup. Desa Klepek, 7 RT pemukiman dan persawahan. Desa Semen kidul, 6 RTpemukiman dan persawahan. Dan, Desa Duyungan, 2 Dusun, yakni Dusun Sepat dan Dukuh Trojaran.

Kapolsek Sukosewu, AKP Pujiono mengatakan, pihaknya melaksanakan patroli dan pengamanan pemukiman yang terdampak banjir. Selain itu, kapolsek juga menghimbau kepada warga masyarakat di bantaran kali pacal yang masuk wilayah Kecamatan Kapas dan Balen agar waspada terhadap air kiriman tersebut.

“Kita sudah tempatkan anggota, untuk warga di wilayah Kecamatan Kapas dan Balen khususnya yang berada di bantaran kali pacal agar waspada terhadap air kiriman,” imbau kapolsek.

Hingga berita ini diturunkan, air masih meluber menggenangi pemukiman, jalan, dan persawahan. Dimungkinkan akan meluas hingga ke wilayah Kecamatan Balen dan Kapas. (yud/red)