Kodim 0813/Bojonegoro Tanam Penghijauan

oleh -
oleh
Reporter: Bima Rahmat

suarabojonegoro.com – Dampak pemanasan global yang dirasakan di Indonesia merupakan akibat dari beberapa faktor, salah satunya yaitu emisi gas karbon dari kendaraan dan juga berkurangnya hutan di Indonesia. Pemanasan global tersebut mampu memicu terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Guna mereduksi dampak pemanasan global berupa bencana alam banjir dan tanah longsor di Indonesia, maka TNI AD berupaya melaksanakan program penghijauan dengan menggandeng pihak-pihak terkait. Pun demikian juga menginstruksikan jajarannya, khususnya Kodim di setiap wilayah Kabupaten untuk melakukan aksi penghijauan.

Dengan adanya kerjasama Kodam V Brawijaya dengan Pemprov Jawa Timur dalam program penghijauan, maka Kodim 0813 Bojonegoro melaksanakan kegiatan penghijauan tersebut dibeberapa titik di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Adapun jenis tanaman yang ditanam merupakan tanaman menahun, yakni bibit Mahoni sebanyak 2.640 batang dengan perincian sebagai berikut: Jalur Batas Kota Bojonegoro-Padangan + 5Km (1.350 batang), Jalur Bojonegoro-Pajeng + 3 Km (600 batang), dan Jalur Babat-Batas Kota Bojonegoro + 2,5 Km (690 batang).

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0813 Bojonegoro Kapten Inf Samidi mengatakan, kegiatan penghijauan ini adalah program penyulaman yang dilaksanakan pada tahun 2016 lalu, katanya di Makodim, Kamis (11/01). “Adapun bibit-bibit pohon Mahoni ini ditanam di ruas kiri-kanan jalan Nasional, dan keterlibatan personel pada pelaksanaan kegiatan penghijauan kanan kiri ruas jalan Nasional/Provinsi TA. 2017 ini meliputi anggota Makodim 0813 dan Koramil jajaran,” tuturnya.

Lebih lanjut Pasiter menjelaskan bahwa penghijauan ini adalah langkah kongkrit TNI AD dalam meminimalisir dampak pemanasan global sehingga dampaknya seperti banjir dan tanah longsor dapat dikurangi. “Kita semua tahu bahwa pepohonan memiliki andil besar dalam menyerap emisi gas CO2 yang dihasilkan kendaraan dan juga dalam menyerap serta menampung debit air, oleh sebab itu mari kita bersama-sama mulai dari sekarang menggalakkan penghijauan agar anak cucu kita dapat menikmati hasil positif dari program penghijauan,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.