Inilah Keindahan Dua Gunung Di Bojonegoro Selatan Yang Bikin Kamu Terpana

oleh
Oleh : Bang Doel

suarabojonegoro.com – Pragelan, sebuah Desa yang terletak di paling ujung barat Kecamatan Gondang, Desa yang berbatasan dengan Desa Deling Kecamatan Sekar, yang terkenal dengan wisatanya yaitu Atas Angin. Desa Pragelan ini adalah sebuah Desa yang terdiri dari dusun Krajan sebagai jantungnya Desa pragelan, Dusun Bluru, Tretes, Bladogan, dan Randupitu yaitu Dusun yang beratasan langsung dengan Desa Deling Kecatan Sekar.

Dibalik terisolirnya Desa ini menyimpan keindahan yang sangat menarik untuk digali, yaitu keindahan alamnya dan salah satu bukti sebagai keindahanya yaitu ada Dua gunung yang berdiri tegak nan hijau yang tampak dari bukit Atas Angin, dan menjadi salah satu spot yang paling indah saat pagi hari saat kita berada di Desa Pragelan, saat matahari terbit dicelah-celah diantara Dua gunung yaitu Gunung Lawang dan Gunung Kendil.

Saat ini Desa Pragelan sedang gencar-gencarnya membangun. Sabagai salah satu bukti adalah dengan membuat gebrakan beberapa hal untuk Desa Pragelan. Dan yang paling tampak dan pertama kita lihat pada saat ke Desa Pragelan adalah adanya Embung disebelah kiri Jalan tepat dikaki gunung Kendil dan pembangunan Embung tersebut adalah lahan tanah Tanah Khas Desa, (TKD).

Kepala Desa Pragelan, Marji, merelakan bengkoknya untuk dijadikan Embung untuk penyimpanan air agar disaat kemarau diharapkan dari air yang ada diembung tersebut bisa mengaliri sawah warga yang mengalami kekeringan. Sebagai Kepala Desa yang baru, dirinya berharap dengan dibangunnya Embung itu selain sabagai saran peningkatan produktifitas pertanian juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat wisata dan tempat pemancingan ikan,

Disamping sisi-sisi Embung itu akan didirikan gazebo dan warung sabagai tempat jualan warga desa, karena selain penghasil jagung dan padi Desa Pragelan juga sangat cocok untuk tanaman buah semangka, nah… masih ada satu lagi Desa Pragelan juga akan tampak indah saat kita mengambil gambarnya dari sisi barat yaitu dari Jalan yang menuju arah Dusun Bladogan.

“Jadi, dua gunung antara Gunung Lawang dan Gunung Kendil akan tampak indah jika dilihat dari  sana”, jelas Marji.

Bagi para pecinta wisata alam, jangan sampai ketinggalan menikmati keindahan pancaran alam dari dua gunung ini,  pasti pengunjung akan terpana dan terpesona oleh indahnya yang bagai lukisan alam. (JW)