Pengaruh Handphone Terhadap Remaja

oleh -
oleh
Oleh: Liya Nika Septiani

suarabojonegoro.com – Kehadiran telepon seluler (ponsel) atau handphone telah merubah tingkah laku remaja zaman sekarang. Tidak bisa di pungkiri, remaja saat ini sudah kecanduan handphone. Remaja saat in berangggapan bahwa handphone adalah kebutuhan utama. Tujuan utaa remaja menggnakan handphone adalah untuk berkomunikasi, silahturahmi dan mengakses informasi dari berbagai sumber. Dengan remaja mengakses  informasi tersebut bisa meeerubah tingkah laku remaja tersebut.

Remaja zaman sekarang kemana-mana membawa handphone, makan sambil main handphone, kekamar mandi membawa handphone, dan saat berjalanpun main handphone. Bangun tidur yang pertama kali dicari adalah handphone. Disini sudah terlihat betapa pentingnya handphone bagi remaja, hingga tidak bisa meninggalkan handphone sedetikpun.

Handphone memang memiliki banyak manfaat, tinggal bagaimana seseorang menggunakan handphone tersebut. Kemajuan teknollogi yang serba canggih ini pasti menimbulkan dampak negatif dan positif, terutama bagi remaja saat ini. Remaja saat ini balum bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk, tetapi masih memburu kesenangannya saja.

Tidak bisa dipungkiri semua remaja memiliki handphone, baik kalangan diperkotaan sampai keperdesaan. Pengaruh handphone dalam remajasangat cepat, bahkan ada remaja yang tidak mau sekolah hanya karena tidak di belikan handphone. Disini sudah terlihat bagaimana handphone itu sudah mempengaruhi remaja zaman sekarang.

Menurut saya handphone disini sudah merubah pola pikir remaja zaman sekarang, banyak remaja yang melawan orang tua hanya karena handphone. Seperti yang di paparkan di atas rema tidak mau sekolah hanya karena tidak dibelikan handphone, tidak mau maka karena tidak di belikan handphone, tidak mau membantu orang tua karena tidak di belikan handphone, seakan-akan handphone itu sudah menyatu dengan jiwa remaja zaman sekarang. Handphone memang penting, tapi seorang remaja yang menggunakan handphone harus diawasi orang tua, karena jika tidak diawasi akan berbahaya.

Dampak positif menggunakan handphone adalah mempermuah berkomunikasi dengan keluarga yang berada di luar kita bahkan luar negeri, bisa mengakses barbagai informasi sehingga kita dapat menambah wawasan dan tidak ketinnggalan informasi penting, menjalin silaturahmi dengan sanak keluarga yang berada di luar kota bahkan luar negeri, dapat belajar menggunakan handphone karena kecanggihannya kita dapat belajar dengan handphone, cukup kita mencari di google kita dapat belajar dengan sesuka hati. Dampak negatif menggunakan handphone adalah dengan  canggihnya alat komunikasi seperti handphone membuat seseorang malas untuk berkomunikasi langsung. Handphone juga mempengaruhi pola pikir dan tinggah laku remaja . contohnya remaja yang sudah kecanduan permainan (games). Kemana-mana pati membawa handphone dan tidur larut malam, disini membuat remaja tidak konsen terhadap pelajaran yang diberikan oleh gurunya. Handphone bisa dijadikan senjata penipuan bahkan kejahatan. Korban dari kejahatan ini adalah remaja, karena remaja saat ini masih labil dan mudah percaya kepada semua orang. (*)

*) Penulis Adalah Mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro

No More Posts Available.

No more pages to load.