VARIASI DIET SEHAT

oleh -
oleh
Oleh : Devi Wahyu Dian P

suarabojonegoro.com–  Memiliki tubuh yang ideal dengan berat badan yang pas dengan tinggi badan mereka adalah impian para wanita. Selain dapat mengurangi beberapa penyakit, dengan memiliki berat badan yang ideal lebih menarik untuk dilihat. Untuk hal itu, banyak dari wanita yang mengalami masalah kelebihan berat badan, karena itu mereka akan melakukan berbagai cara dan strategi untuk mencapai berat badan ideal yang sesuai dengan mereka, yaitu dengan cara atau program diet. Sekarang banyak variasi deit untuk wanita dalam mengatasi masalah berat badan mereka. Di mana ada banyak cara untuk menurunkan berat badan mereka, mulai dari cara yang instan atau lebih cepat sampai cara sederhana, yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan dalam menjalaninya. Terkadang mereka memilih untuk cara diet yang lebih cepat menurunkan berat badan, dan tidak berpikir jauh dari program diet tersebut pada kesehatan mereka. Seperti program diet ekstrim yang salah dan mengancam kesehatan :
Diet bola kapas Bola kapas yang biasa digunakan untuk merawat luka atau menghapus kosmetik pada wajah ternyata dapat dikonsumsi. Dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Kegiatan ini dikenal dengan istilah diet bola kapas. Orang yang melakukannya, sengaja menelan bola kapas agar tidak merasa cepat lapar. Tetapi, karena bola kapas tidak dapat dicerna, maka keberadaanya di dalam perut bisa sangat berisiko.

Diet cacing pita Cacing pita juga digunakan sebagai media untuk menurunkan berat badan. Orang yang melakukan diet ini harus memasukan parasit ganas ke dalam usus. Kemudian, cacing pita akan menempel di usus dan akan memakan nutrisi dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan berat badan orang yang melakukan diet ini turun dengan cepat. Tapi jangan lupa, akibat dari diet ini. Tubuh  justru akan mengalami kekurangan gizi dan menjadi lemas dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

Apabila menginginkan berat badan yang ideal atau menurunkannya dengan program diet, bisa dengan diet yang lebih sehat serta gizi yang tercukupi dan seimbang terlebih lagi dijamin aman. Adapun beberapa macam diet yang sehat dan tengah digemari oleh wanita, yaitu :

*Diet mayo
Di mana program diet ini memberikan penurunan berat badan hingga 5 kg dalam 12 hari dan mampu memperbaiki pola makan yang berantakan. Dalam diet ini, Anda diharuskan untuk mengurangi atau menghilangkan garam dalam makanan yang dikonsumsi, di mana garam dipercaya mampu mengikat cairan dan lemak yang menyebabkan kegemukan. Anda diharuskan mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus

*Diet paleo
Program ini terinspirasi dari cara makan orang kuno, di mana mereka hanya mengonsumsi makanan yang direbus atau dikukus,dan dibakar. Dalam program diet ini Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan laut segar, sayuran hijau,dan zaitun yang menjadi Poin penting di dalamnya.

*Diet food combining
Prinsip dari program diet ini yaitu tidak boleh mengonsumsi karbohidrat dan protein dalam waktu yang bersamaan. Sebaiknya Anda  makan karbohidrat dengan sayuran atau sayuran dengan protein.Dalam program diet ini Anda diperbolehkan untuk makan sebanyak yang Anda mau.

*Diet clean eating
Poin penting dalam program diet ini ialah Anda harus mengonsumsi makanan yang segar, organic, dan kaya nutrisi. Hindari makanan junk food atau makanan yang ribet dalam memasaknya. Hal ini bisa menyebabkan kandungan vitamin didalam makanan bisa berkurang.

Dari beberapa variasi diet sehat diatas, bisa disimpulkan bahwa jika ada keinginan untuk berusaha maka akan dilakukan dengan kesabaran untuk memperoleh hal tersebut. Anda juga bisa memilih salah satu variasi diet sehat di atas untuk dijadikan program diet untuk Anda yang tentunya aman bagi kesehtan. Dan untuk mengimbangi hal tersebut bisa dilakukan olahraga seperti tiga kali dalam seminggu. (*)

*) Penulis Adalah Mahasiswi Unmuh Malang

No More Posts Available.

No more pages to load.